Senin, Februari 14, 2011

M-FAST (Macroinvertebrate - freshwater acquaintance for student)

Sungai merupakan komunitas lotik, sebagian besar sungai dijadikan sebagai tempat pembuangan limbah yang dihasilkan aktivitas manusia. Padahal sungai merupakan sumber air tawar utama untuk kehidupan makhluk disekitarnya, seperti minum, mandi, dan memasak.
Makroinvertebrata merupakan organisme indikator yang memiliki toleransi luas untuk kondisi lingkungan yang berbeda dan juga merupakan organisme indikator khusus (Helawell, 1986). Umumnya disebut ”sentinel” organisme, makroinvertebrata pengumpul polutan pada tempat hidupnya.
Makroinvertebrata merupakan salah satu kelompok biota perairan yang terdapat di Ekosistem sungai. Kelompok ini memiliki kedudukan yang cukup penting dalam menjaga kelestarian dan keseimbangan ekosistem sungai, dalam proses dekomposisi dan mineralisasi material organik yang memasuki perairan menurut Eznawan (2009). Oleh karena itu makroinvertebrata dapat menjadi biomonitoring terhadap kerusakan (pencemaran) lingkungan, dan dapat dimanfaatkan sebagai petunjuk untuk mengetahui berbagai polutan yang berakibat pada populasi, komunitas, dan level ekosistem. Selain itu Odum (1993) mengatakan bahwa makroinvertebrata menempati beberapa tingkatan trofik dalam rantai makanan.
Dinegara-negara maju telah diperkenalkan fungsi makroinvertebrata sebagai bioakumulasi indikator di perairan sungai, pada siswa-siswi sejak taraf pendidikan menengah pertama. Mereka telah mendapatkan pembelajaran mengenai ekosistem sungai, cara perawatan, hingga analisis kualitas air pada ekosistem sungai menggunakan bioindikator makroinvertebrata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar